ronaldo final liga champhions

Bale Membuat Real Madrid Hattrick dan Menjadi Juara Liga Champions

Real Madrid berhasil mempertahankan gelar  sebagai juara Liga Champions setelah melibas Liverpool dengan skor telak 3-1, Pada hari Minggu (27/5) dini hari. Dengan hasil ini makan membuat Madrid mencatatkan sebuah sejarah dengan menjadi juara liga champhions tiga kali secara beruntun.

Seperti yang sudah banyak diperkirakan, Laga final Liga Champions berlangsung dengan cukup seimbang. Baik dari sisi Real Madrid ataupun Liverpool saling silih berganti menciptakan peluang peluang yang berbahaya pada menit-menit awal pertandingan, dan Liverpool lebih banyak membuat kemelut di dalam kotak penalti Real Madrid.

Dan untuk kedua tim pun harus kehilangan kekuatan besar pada babak pertama. Jurgen Klopp terpaksa harus menarik keluar Mohamed Salah pada menit ke-31 dikarenakan cedera bahu yang dialaminya setelah terlibat adu fisik dengan Sergio Ramos yang terjadi beberapa menit sebelumnya. Striker bintang asal Mesir itu terlihat menitikan air mata saat harus meninggalkan lapangan.

Dan hanya dalam selang waktu enam menit kemudian, giliran Carvajal yang harus menangis. Bek kanan pemain Madrid ini kembali dihantui cedera yang terus menerus menerjanya pada musim ini. Jika melihat pada tayangan ulang, Carvajal sepertinya salah pijak yang berakibat pada cedera engkelnya.

Dan hal itu pun membawa dampak besar, setelah Mo Salah ditarik keluar, Liverpool mulai terlihat mengalami kesulitan menerobos kotak penalti Madrid. Permainan Madrid yang pada sebelumnya seakan buntu di lini tengah pun mulai terlibat bisa menerobos lebih maju ke depan.

Dan juga terlebih, dengan absennya Mo Salah membuat Marcelo lebih bebas untuk maju ke depan untuk membantu serangan. Gol-gol Madrid dalam beberapa pertandingan pasca final Liga Champions musim ini memang terbukti sering dimulai dari pergerakan dari Marcelo.

Meskipun demikian, didalam sisa sisa sepuluh menit babak pertama tidak ada peluang matang yang dapat dibuat oleh kedua tim. Sehingga skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Saat memasuki babak kedua, Real Madrid langsung nge-gas untuk menggempur pertahanan Liverpool. Isco mendapatkan peluang yang sangat bagus di menit ke-47 tetapi tendangannya membentur mistar tiang gawang yang dijaga oleh Loris Karius.

Dan pada akhirnya gol yang ditunggu-tunggu Madrid pun berhasil diciptakan di menit ke-50. Tak disangka sangka, Karius membuat blunder kesalahan fatal saat membuang bola dengan maksud mengoper. Berhadapan satu lawan satu dengan Karim Benzema, Karius malah membuang bola tepat ke kaki Benzema. Dan bola pun memantul dan meluncur masuk ke gawang nya sendiri yang kosong. Dan Skorpun menjadi Real madrid 1-0 Liverpool.

Liverpool juga tidak tinggal diam saja setelah kebobolan tersebut. Para pemain The Reds terus menerapkan pressing yang mengakibatkan Madrid mengalami kesulitan untuk bisa mengembangkan permainan.

Pada menit ke-54 pada akhirnya, Sadio Mane akhirnya berhasil menyeimbangkan kedudukan Berawal dari tendangan pojok, Dejan Lovren berusaha menanduk bola kedalam gawang Keylor Navas. Bola liar dari sundulan tersebut kemudian jatuh tepat ke kaki Sadio Mane yang langsung saja memanfaatkannya untuk membuat hasil imbang Real Madrid 1-1 Liverpool.

Skor imbang ini membuat permainan menjadi semakin panas. Zidane mengambil keputusan untuk menarik keluar Isco dan menggantikannya dengan Gareth Bale di menit ke-61. Susuanan Formasi Madrid pun berubah menjadi 4-3-3.

Baru saja dua menit merumput, Bale membuktikan bahwa dirinya memang layak untuk bermain di Real Madrid. Penyerang gesit ini langsung membuat gol salto atraktif dan spektakuler di menit ke-63 hasil dari memanfaatkan umpan lambung Marcelo. Hanya dengan 122 detik Bale berhasil untuk mengubah jalannya pertandingan setelah masuk sebagai pemain pengganti. Skorpun menjadi Real Madrid 2-1 Liverpool.

Pada sepuluh menit akhir pertandingan, Bale lagi lagi menuliskan namanya di papan skor. Melihat ruang kosong di depannya, Bale mencoba membuat tendangan keras jauh tepat di depan kotak penalti Liverpool.

Sangat disayangkan Karius lagi-lagi membuat kesalahan fatal dengan berusaha mencoba menangkap bola keras tersebut yang kemudian malah terlepas dari tangannya dan berakhir masuk ke gawang. Kiper berdarah Jerman ini pun terllihat tertunduk lesu menyesali kesalahannya dan skorpun menjadi Real madrid 3-1 Liverpool.

Adapun dalam sisa sisa waktu Liverpool berusaha mencoba mencuri gol,  akan tapi sampai peluit panjang ditiupkan tanda berakhirnya pertandingan, skor 3-1 tidak berubah untuk keunggulan Real Madrid. Dan Sang Raja Eropa ini pun berhasil mempertahankan gelarnya.

Susunan Pemain Kedua Tim
Real Madrid (4-3-1-2): Navas; Marcelo, Varane, Ramos, Carvajal (Nacho 37′); Kroos, Modric, Casemiro; Isco (Gareth Bale 61′); Benzema (Marco Asensio 89′), Ronaldo

Liverpool (4-3-3): Karius; Robertson, Lovren, van Dijk, Alexander-Arnold; Wijnaldum, Milner (Emre Can 83′), Henderson; Salah (Lallana 31′), Firmino, Mane.

Statistik Pertandingan
Real Madrid – Liverpool
Gol: 3-1
Penguasaan bola: 61%-39%
Total tembakan: 12-5
Tembakan ke gawang: 6-2
Offside: 7-3
Foul: 6-18

Baca Juga

Napoli Seri Membawa Juventus di Ambang Juara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *